21 Juli 2009

MASYKUR2916

Assalamu’alaikum…
Mengawali tulisan pada blog ini, penulis ingin mengucap syukur alhamdulillah atas limpahan segala kenikmatan dan karunia yang tak ternilai harganya dari Allah SWT, kepada kedua orang tua atas nasehat dan bimbingannya, serta kepada isteri tercinta yang masih rela untuk tetap melangkah bersama dalam menjalani kehidupan. Tak lupa juga kepada rekan-rekan blogger yang sudah memberikan tips dan triknya.

Kenapa blog ini bernama Masykur2916…??!!

Oke,… begini ceritanya… pada jaman dahulu kala, bertepatan dengan tahun 1982 masehi lahirlah seorang manusia, mempunyai kulit kuning langsat indah mempesona, rambut hitam lembut masih terhitung jumlahnya, dengan irama tangisnya membahana merdu mengalun mengisi sepinya hari…disambut senyuman orang-orang sekeliling yang sudah sabar menanti.

Nah,.. kemudian, seperti manusia pada umumnya, tanggal, bulan dan tahun kelahiran pastinya akan dituangkan dalam sebuah kertas bersejarah yang bernama “Surat Lahir”.. sebuah surat kecil berukuran kertas HVS dibagi 3, berwarna biru ini yang nantinya akan menjadi saksi bisu kelahiran anak manusia khususnya yang bertempat tinggal di wilayah pedesaan.. Yah.. itu benar. Aku anak desa yang Katro bin Ndeso, pada awalnya… sekarang masih sama. GUBRAK!!!!!

Tertulis dalam surat tersebut saya lahir hari Minggu Pahing, 29 Juni 1982.. sebuah rentetan huruf dan angka yang telah ditorehkan pada selembar kertas oleh yang terhormat Bapak Lebe berinisial “N” di Dk. Jatimerta Ds. Jatibogor yang dibuat untuk menjadi bagian dari sejarah kehidupan saya. Sebuah kesatuan tanggal dan bulan yang masih bisa dilewati dengan rasa syukur dan bahagia.

Tahun demi tahun berjalan jalan.. mengiringi detik waktu yang berdetak detak. singkat cerita, tahun 2002 saya lulus SMK. 1 minggu setelah pembagian Ijazah, saya dan beberapa teman satu angkatan menerima telepon dari salah satu guru SMK menawarkan pekerjaan untuk ditempatkan di pabrik otomotif daerah Jakarta Timur, dan harus mempersiapkan persyaratan yang ditetapkan karena akan berangkat hari itu juga. Alhamdulillah setelah melewati proses seleksi, atas izin Allah, saya dan beberapa teman satu angkatan diterima untuk bekerja pada PT tersebut.

Bulan demi bulan berlalu.. sampai akhirnya pada tahun 2003 saya dipertemukan dengan seorang cewek manis kelahiran Pemalang yang oleh kedua orang tuanya diberi nama Devi Arya Setyani. Sebuah perkenalan yang sangat singkat namun telah membawa kami ke sebuah status yang lebih dari sebuah teman.

Mungkin banyak diantara kita yang tidak sanggup untuk menjalani hubungan jarak jauh dengan pasangan. Hal ini sangatlah wajar, karena ritme pertemuan yang sedikit pastinya membutuhkan kesabaran dan kepercayaan satu sama lain. Seperti halnya dengan kami, pastinya banyak suka dan duka yang pernah dilewati dalam mengarungi samudera kehidupan, dengan ombak dan badai cobaan, kabut mencekam, petir menyambar-nyambar, halilintar mengegelegar, seperti harimau liar yang siap mencengkeram dan menyayat-nyayat kulit ini... namun dengan kesabaran, keikhlasan dan kepercayaan diri akan adanya sebuah pulau yang sangat indah nan mempesona untuk dihuni, kami berjuang untuk terus melaju melewati hari dengan senyum pasti… (wezzzz… gayane..!!)

Balik maning neng kerjaan,.. terkadang kejenuhan akan rutinitas kerja juga ada, melewati hari-hari di tempat kerja dengan suasana dan tugas yang sama tidaklah selalu menyenangkan. Tapi itu semua saya anggap sebagai pengalaman yang sangat berarti. Disamping mendapatkan gaji tiap bulan yang cukup bisa dirasakan oleh diri sendiri, orang tua maupun orang lain saya juga merasakan adanya peningkatan kedewasaan sikap, pemahaman spiritual dan tentunya pengalaman dapat berinteraksi dengan banyak orang dengan berbagai karakter yang berbeda serta pengalaman lainnya yang tidak saya peroleh dari pendidikan di sekolah dulu.

Namun itu tidak berlangsung lama, setelah 5 tahun merasakan adanya ketidakpastian status kerja yang saat itu masih outsourching dan disertai dengan adanya kebulatan tekad dan kemauan yang keras untuk berwirausaha , akhirnya saya memberanikan diri untuk mengundurkan diri dari PT tersebut. Akhire ya, Enyong balik kampoeng..

Ketika baru menjalani hari-hari di desa, suasana kehidupan yang dijalani nampak seperti asing kembali,.. nuansa pedesaan yang nyaman kembali mengiringi. Yang pastinya sangat berbeda jauh dengan kehidupan sosial di perkotaan. Dengan modal awal 1 komputer dan sedikit keahlian mengetik, saya mencoba mencari peruntungan dengan membuka rental komputer dan photo copy di rumah yang sudah dibuatkan tersendiri oleh kedua orang tua. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar dan saat ini sudah bisa membeli beberapa unit komputer lagi, nambah usaha studio Foto mini, dan peralatan alat tulis.

Sampai pada suatu hari, ketika sedang iseng mengumpulkan dokumen-dokumen ijazah dari SD sampai SMK, saya menemukan sebuah surat nikah kedua orang tua saya yang sudah mulai usang dimakan zaman. Tertulis sebuah catatan kecil yang telah ditulis oleh Bapak saya pada lembar terakhir surat nikah tersebut. Mata saya langsung terbelalak, dada bergemuruh berdegup kencang, tangan bergetar, kaki kesemutan, mata tak berkedip lebih dari 10 detik mengamati catatan yang tertulis.. anda tahu apa isi catatan tersebut..?? saya yakin dan berani bertaruh anda tidak mungkin tahu.. dan maksud saya disini adalah memberitahukan kepada anda-anda semua yang membaca tulisan saya ini.

Sebelumnya, saya ingin bertanya kepada anda apakah masih ingin membaca apa yang saya tulis di sini??!! Oke, 99% menyatakan mau.. terima kasih. kelanjutan ceritannya begini.. catatan dalam buku nikah kedua orang tua saya berisi catatan lahir anak-anaknya yang berjumlah 3 orang… salah satunya di situ tertulis bahwa “MASYKUR lahir 16 MEI 1982”. jadi apa yang salah dengan tulisan tanggal lahir saya di atas.. oke, coba anda cek kembali tulisan saya pada paragraph 5.. pada surat lahir tertulis 29 Juni 1982. bukankah itu sebuah kesalahan tanggal dan bulan saya lahir??!! Betul kan??!! Ya betul. Berarti selama ini saya salah total dalam mengetahui tanggal dan bulan kelahiran saya, dan juga orang-orang sering salah waktu dalam mengucapkan selamat ulang tahun..

Saya pun tertawa tapi tidak terbahak-bahak dan menanyakan langsung kepada Emak. Kronologisnya seperti ini, setelah saya hadir di bumi yang indah ini kedua orang tua saya tidak langsung membuat surat lahir. Mereka baru mendaftarkan diri pada Bapak Lebe setelah 1 bulan kelahiran saya, yakni pada tanggal 29 Juni 1982. dan pada saat itu entah mengapa, terjadi miss communication antara kedua orang tua dengan pak Lebe, dikiranya saya lahir pada saat itu. Jadi ditulisnya juga 29 juni 1982. bukan yang sebenarnya yakni 16 Mei 1982.

Lalu, apa hubungan cerita tersebut di atas dengan blog ini??!! Masa anda tidak tahu??!! Saya sudah cerita panjang lebar, sampai keringat bercucuran membasahi pipi, jari tangan sampe pegal-pegal ngetik, pantat sudah tebal kelamaan duduk, mata berkunang-kunang natap monitor, terus anda belum juga tahu??! Hmmm…

Begini.. biar adil saya anggap anda tidak tahu semua kenapa saya memakai masykur2916 untuk dijadikan nama blog saya. Masykur itu nama yang diberikan khusus dari orang tua kepada anaknya yang cakepnya kadang-kadang, kemudian angka 29 merupakan angka lahir saya yang tertulis di surat lahir yang sudah terbukti salah dan 16 itu tanggal lahir yang sebenarnya, jadi, saya anggap itu merupakan angka yang ganteng untuk mendampingi nama blog ini.. hingga lahirlah masykur2916.

Kini, ±8 bulan sudah saya menjadi suami dari pacar yang saya ceritakan di atas. Alhamdulillah kami sudah bisa saling memahami satu sama lain, setelah janji ikrar di depan kedua orang tua, penghulu dan masyarakat pada tanggal 09 Desember 2008 kami selalu bahagia, sehat dan tak ada hambatan yang berarti. dan tak kalah bahagianya, istriku sudah lebih 1 bulan mengandung. Mudah-mudahan segala sesuatu berjalan dengan lancar, diberi kesehatan bagi kami semua dan tidak ada kekurangan sesuatu apapun. Kami minta doa dari para pembaca agar segala sesuatunya berjalan sesuai dengan apa yang kami dambakan, amin. Dan terima kasih sebelumnya..
oiya,.. kasih komentar ya…
wassalam..

0 komentar Anda:

Posting Komentar

Komentar Anda